SMK Negeri 1 Girimulyo

Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo Kulon Progo

Where Tomorrow's Leaders Come Together

SOSIALISASI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN KULON PROGO

Senin, 11 Februari 2019 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 88 Kali

SOSIALISASI DARI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN KULON PROGO

SMK NEGERI 1 GIRIMULYO

Senin, 4 Februari 2019

 

Girimulyo –  Pelaksanaan upacara bendera di awal bulan Februari tahun 2019 di SMK N 1 Girimulyo berlangsung tidak seperti biasanya. Hal ini dikarenakan, pelaksanaan upacara bendera pada hari Senin, 4 Februari 2019 dilaksanakan dengan pembina upacara dari Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo. Sebagai pembina upacara adalah Bapak Bowo Pristianto dan sebagai pemimpin upacara adalah Febryan Syarifain siswa kelas X TSM 1. Upacara diikuti seluruh bapak/ibu guru dan tenaga kependidikan serta siswa dan siswi  kelas X dan kelas XII di SMK Negeri 1 Girimulyo. Sedangkan siswa Kelas XI tidak mengikuti upacara bendera di sekolah karena melaksanakan praktik industri di dunia kerja/dunia industri.

            Pada kesempatan tersebut, Dinas Perhubungan menyampaikan sosialisasi tertib berlalu lintas kepada seluruh warga sekolah. Selaku pembina upacara, Bowo Pristianto menyampaikan, “ Data statistik menunjukkan 60 persen kecelakaan dialami pada rentang usia 15 sampai dengan 30 tahun dan kecelakaan lalu lintas menjadi pembunuh nomor 2 setelah penyakit stroke.” Dengan data tersebut menjadi salah satu alasan Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah terutama ke jenjang SMA dan SMK karena masih banyak dijumpai anak-anak SMA dan SMK yang berkendara tanpa menggunakan helm pengaman. Hal ini menunjukkan tingkat kesadaran akan berlalu lintas yang berkeselamatan masih perlu ditingkatkan.

            Dalam kesempatan tersebut Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo berharap angka kecelakaan lalu lintas bisa ditekan serendah mungkin. Data di wilayah Kulon Progo pada tahun 2018 menunjukkan terjadinya  461 kecelakaan dengan korban meninggal 66 orang. Penyebab utama kecelakaan adalah human error atau kesalahan manusia. Bowo Pristianto menyampaikan jika strategi yang bisa dilakukan oleh Dinas Perhubungan adalah melakukan pembinaan tentang tertib berlalu lintas, penerapan aturan dan penegakkan hukum. Karena kecelakaan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja yang bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain.

            Bowo Pristianto dalam akhir amanatnya menyampaikan, “Tertib berlalu lintas adalah bagian dari etika bermasyarakat.” Oleh karena itu seluruh warga sekolah diharapkan dapat mematuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas serta mematuhi batas kecepatan berkendara. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk menekan tindakan ceroboh yang bisa menyebabkan kecelakaan.

            Pada akhir pelaksanaan upacara bendera dilakukan pembinaan tentang kedisiplinan dan ketertiban kepada siswa kelas XII oleh Tim Gerakan Disiplin Sekolah (GDS). Pada kesempatan tersebut Dian Pasa Meida, M.Pd sebagai salah satu tim GDS menyampaikan bahwa  sasaran pembinaan kedisiplinan dan ketertiban kali ini adalah masalah penampilan dan potongan rambut. (al)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Waryanto, S.Pd

Assalamu'alaikum wr.wb Puji syukur hanya kepada Alloh SWT, atas limpahan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya, semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. aamiiin…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Tujuan Kunjungan Industri pilihan kalian ?

LIHAT HASIL