SMK Negeri 1 Girimulyo

Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo Kulon Progo

Where Tomorrow's Leaders Come Together

PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

Rabu, 10 Oktober 2018 ~ Oleh ~ Dilihat 44 Kali

Girimulyo- Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada tahun 2018 di SMKN 1 Girimulyo, bertepatan dengan hari Senin tanggal 1 Oktober 2018. Peringatan dilaksanakan dengan mengadakan upacara bendera di lapangan SMKN 1 Girimulyo, sebagai petugas upacara dari pengurus OSIS di SMKN 1 Girimulyo dengan pemimpin upacara Anang Wahyu Jati siswa kelas XI TSM 1. Sedangkan sebagai Pembina Upacara adalah Dra. Rr. Tantri Ernaningsih. Upacara diikuti oleh pendidik dan tenaga kependidikan beserta semua siswa mulai dari kelas X sampai kelas XII baik Kompetensi Keahlian Akuntansi maupun Teknik dan Bisnis Sepeda Motor.

Upacara bendera dimulai pada pukul 07.00 WIB. Seragam peserta upacara menggunakan celana abu-abu dan baju putih untuk siswa sedangkan baju putih dan celana hitam untuk seragam pendidik dan tenaga kependidikan. Aturan upacara ini sesuai dengan surat dari Dinas Dikpora DIY nomer 003/10552 tanggal 26 September 2018 yang disampaikan kepada sekolah di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta tentang Penyelengaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2018 di sekolah.

Upacara ini dilaksanakan sebagai salah satu cara untuk menggugah semangat generasi sekarang sebagai generasi pengisi kemerdekaan bahwa Pancasila sebagai dasar negara yang tidak tergantikan yang selalu kita amalkan dalam setiap kehidupan bermasyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, RR. Tantri Ernaningsih selaku Pembina upacara menyampaikan sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila. Dalam sambutannya, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan bahwa tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2018 ini adalah “Pancasila sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi bangsa.” Selanjutnya Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta mengatakan, “Bangsa Indonesia memiliki kepribadian yang berlandaskan Pancasila, sehingga dihormati dan disegani bangsa lain. Pancasila akan menjadi sakti kalau Pancasila jadi kepribadian bangsa yang bukan hanya sekedar slogan tapi harus dipraktikkan.”

Dalam akhir sambutannya yang dibacakan oleh Dra. Rr. Tantri Ernaningsih, Sri Sultan HB X berpesan agar pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan harus berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pembinaan terhadap anak-anak yang tidak  aktif mengikuti kegiatan ekstra wajib di sekolah yaitu pramuka. Wahid Ahmad Nurhuda, S.Pd selaku Tim Pembina pramuka di SMK N 1 Girimulyo menyampaikan bahwa setelah dilakukan pendataan ternyata masih ada siswa  yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan ekstra pramuka yang dilaksanakan setiap hari Jum’at sore setelah kegiatan belajar mengajar selesai. Wahid Ahmad Nurhuda, S.Pd mengatakan, “Terhadap siswa-siswa yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan pramuka, selanjutnya akan dipanggil dan dilakukan pembinaan khusus oleh tim Pembina pramuka.”

Dalam kesempatan upacara ini juga disampaikan bahwa dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, seluruh warga sekolah diperintahkan menggunakan pakaian batik. Seperti yang disampaikan oleh Ferry Kurniasih, S.Psi dalam pengumumannya bahwa, “Sesuai surat edaran Gubernur DIY nomor : 12/SE/IX/2018 tentang Hari Batik Nasional, Gubernur DIY memerintahkan kepada semua instansi untuk menggunakan pakaian batik mulai tanggal 2 – 5 Oktober 2018.” (al)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Waryanto, S.Pd

Assalamu'alaikum wr.wb Puji syukur hanya kepada Alloh SWT, atas limpahan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya, semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. aamiiin…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Tujuan Kunjungan Industri pilihan kalian ?

LIHAT HASIL